Download ebook, paper, report, artikel, buletin ...

 

  • Majalah GAYa NUSANTARA No 05/Tahun 07

    Bulan Agustus 25 tahun silam, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 1987, GAYa NUSANTARA didirikan oleh Dede Oetomo dan kawan-kawan. Usia 25 tahun ini juga menjadi usia dari penerbitan kita ini. Karena Majalah GAYa NUSANTARA yang sedang kita baca ini memang terbit di tahun 1987. Membanggakan juga karena penerbitan ini mampu bertahan cukup lama, meski terkadang ada berbagai kendala yang menyebabkan ketidak-lancaran dalam penerbitannya. Beberapa penerbitan sejenis yang mengalami situasi dan kondisi sama dengan kita bahkan memutuskan untuk tidak terbit lagi, namun Majalah GAYa NUSANTARA masih tetap bertahan, tentunya patut disyukuri. Semua ini tentu tidak terlepas dari adanya komitmen yang kuat untuk tetap menerbitkan Majalah GAYa NUSANTARA dari para aktivis GAYa NUSANTARA sejak generasi tahun 1987 hingga generasi tahun 2012.

    Kembali menengok masa lalu, keberadaan Majalah GAYa NUSANTARA (yang dulu bernama buku seri, lalu buletin) diterbitkan sebagai sarana untuk berkomunikasi di antara kawan-kawan gay dan lesbian yang kala itu masih sangat tertutup sekali. Sehingga melalui media ini mereka dapat berkenalan antara yang satu dengan yang lain. Selain sebagai media berkomunikasi, mereka pun memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi dan edukasi seputar LGBTIQ yang tidak didapatkan di media lainnya. Media ini juga berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan potensi di bidang menulis, berfungsi sebagai media untuk curhat, dan sebagainya.

    Hingga saat ini, fungsi Majalah GAYa NUSANTARA masih belum berubah seperti tahun 1987 lalu. Hanya saja kolom Perkawanan untuk mencari kawan baru sudah tidak ada lagi, mengingat media internet melalui aneka jejaring sosialnya sudah mengakomodir hal itu. Namun sarana untuk informasi dan edukasi tetap terjaga dengan makin banyaknya kawan-kawan muda yang berpartisipasi melalui berbagai macam tulisannya. Keterlibatan kawankawan LGBTIQ inilah yang juga mempertahankan eksistensi Majalah GAYa NUSANTARA hingga saat ini, selain komitmen seperti yang sudah disinggung di awal. Semoga hal ini tetap dapat dipertahankan hingga ke depannya.

    Download di sini

0 komentar:

Leave a Reply