Download ebook, paper, report, artikel, buletin ...

 

  • Majalah Bulanan GAYa NUSANTARA Tahun 06/No.01 telah terbit

    Bisa diunduh di sini.

    Apa kabar kawan-kawan LGBTiQ di seluruh Indonesia? Semoga baik-baik saja, sehat walafiat, dan tetap semangat. Memasuki tahun 2011, kami melakukan banyak evaluasi. Dari beragam masukan dan pertimbangan agar terbitan GN semakin diterima semua kalangan pembaca dengan tetap memberi manfaat bagi gerakan LGBTiQ, maka kami memutuskan untuk merubah format Buletin ke bentuk awalnya, yakni format Majalah (Zine).

    Perubahan ini juga diikuti dengan perubahan penomerannya. Bila menengok kembali pada terbitan awal GN tahun 1987 dalam format buku seri, dapat dilihat bahwa kami menggunakan nomer 01/tahun 1987 hingga nomer 134/tahun 2005. Dan ketika kami merubah format terbitan ini menjadi buletin dengan ukuran A3, digunakan nomer 01/tahun ke-01 (2006) hingga nomer 41/tahun ke-05 (2010). Maka menandai edisi awal format baru ini kami kembali menggunakan nomer 01/tahun ke-06 (2011).

    Bersanding dengan terbitan GN lain yang bersifat lebih ‘akademis’, yaitu Jurnal Gandrung, maka Majalah Bulanan GN mencoba memberikan informasi aktual yang lebih ‘ringan’ seputar komunitas LGBTi. Di edisi ini, kami mengangkat tema Perlakuan Negara terhadap LGBTi, dengan menitik-beratkan persoalan keadilan. Seperti kita tahu, negara ikut mengatur seksualitas warganya, baik melalui kebijakan atau tindakan aparaturnya. Semisal pengesahan Undang-Undang Pornografi yang tidak memihak LGBTi. Pun fakta di lapangan, Satpol PP kerap mencekal aktivitas waria. Perlakuan timpang pun bisa mewujud secara halus. Gay dan lesbian yang coming out di tempat kerja sulit meningkatkan jenjang karier. Atau hambatan interseks dalam mengakses pernikahan. Contoh tersebut sedikit potret persoalan sehari-hari yang kadang terabaikan dan tidak terselesaikan.

    Dengan situasi seperti ini, keadilan negara patut dipertanyakan karena belum menyentuh semua lapisan masyarakat. Untuk itu, kami menelisik persepsi adil di mata kawan-kawan LGBTi, termasuk pengalaman pribadi berinteraksi dengan aparatur negara. Apakah selama ini cukup terwakili atau masih ada yang mengganjal di hati? Banyak hal terungkap dan kami ceritakan di sini. Tak kalah penting tentang harapan di masa depan. Hal-hal prioritas yang mesti diubah negara, sehingga dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan nyaman, tanpa tekanan. Data yang terkumpul kami olah, lalu kami sajikan dalam majalah ini.

    Silahkan mengunduh di sini (3,11 Mb) dan selamat membaca.

0 komentar:

Leave a Reply